RATU BELGIA KUNJUNGI PUSKESMAS LAMPUNG SELATAN

Ratu Kerajaan Belgia Ratu Paola meninjau Puskesmas Way Urang Kalianda, Sabtu (14/4). Kunjungan Ratu Belgia yang juga menjadi duta pemberantasan penyakit malaria UNICEF tersebut untuk melihat dari dekat fasilitas yang dimiliki oleh pusat layanan kesehatan masyarakat tersebut.

Dalam kunjungannya tersebut, Ratu Paola cukup terkesan dengan berbagai perlengkapan yang dimiliki oleh Puskesnas Way Urang Kalianda. Ia pun berharap pemerintah daerah setempat dapat meningkatkannya kembali.

“Sudah cukup baik penanganan pelayanan kesehatan disini. Namun memang masih perlu pembenahan,” paparnya

Kabupaten Lampung Selatan dinilai berhasil menekan malaria. Sehingga, Ratu Paola dari Belgia sebagai duta malaria akan berkunjung ke daerah itu, Sabtu (14-4). Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Lamsel Armen Patria, Rabu (11-4). Menurutnya, wilayah Lamsel merupakan daerah epidemi malaria. Berkat usaha yang dilakukan lintas sektoral, Lamsel dinyatakan berhasil menekan malaria. “Suatu daerah dikatakan berhasil menekan malaria jika penderita di bawah 5% permil seperti Desa Way Muli, Rajabasa, dan Kelurahan Way Urang, Kalianda, kini sudah mampu menekan penyakit malaria. Artinya, secara manajemen kabupaten ini sudah baik,” ujar dia kemarin. Armen menjelaskan kedatangan Ratu Paola dari Belgia ke daerahnya ini untuk melihat langsung upaya yang telah dilakukan Pemkab terhadap masyarakatnya sehingga malaria bisa ditekan. “Wilayah Lamsel yang akan dikunjungi tentunya dimulai dari Desa Way Muli dan Kelurahan Way Urang untuk melihat langsung sistem pelayanan kesehatan yang dilakukan kepada masyarakat terutama kaum ibu,” katanya. Sebenarnya, kata Armen, untuk dapat menekan malaria harus didasari komitmen pemerintah dan masyarakat. Misalnya, masyarakat yang membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kemudian, terhadap ibu hamil dibagikan kelambu untuk mencegah gigitan nyamuk, sebab jangkitan malaria terhadap ibu berdampak pada janinnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s