Satuan Karya Bakti Husada Gelar 1.000 Siswa Gelar Cuci Tangan dan Sikat Gigi Bersama

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke 46 Unit Pelayanan  Teknis UPTD Puskesmas Merbau Mataram Dinas Kesehatan Kabupaten lampung Selatan, Satuan Karya Bakti Husada Ranting Merbau Mataram dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka kecamatan Merbau Mataram menggelar Gerakan cuci tangan memakai sabun dan Gosok Gigi bersama di lapangan sepak bola Desa Merbau Mataram Lampung Selatan Minggu 21 November 2010.

Gerakan Tersebut merupakan pencanangan program bersih dan sehat bagi para pelajar di sekolah dasara (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Menurut kepala UPTD Puskesmas Merbau Mataram Dinas Kesehatan Lampung Selatan Bambang Kurniawan, SKM.MM gerakan ini sengaja dicanangkan kepada siswa SD, SMP, SMA untuk memberikan pemahaman sekaligus pelajaran yang bersifat praktek cara hidup bersih.

Minimnya penjelasan tentang kesehatan kepada siswa adalah sasaran yang paling efektif dalam menggiatkan gerakan ini karena dengan tangan dan gigi bersih maka bibit penyakit tidak dapat berkembang di dalam tubuh. jelasnya.

menurut sebagian besar hasil riset kesehatan diketahui resiko penularan penyakit dapat berkurang dengan adanya peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat sepertihalnya mencuci tangan dan menyikat gigi dengan cara yang benar.

karena tangan dan gigi seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan bakteri patogen yang dikhawatirkan dapat berpindah dari satu orang ke orang lain. baik kontak langsung ataupun tidak. Makanya lebih baik cuci tangan dan sikat gigi sebelum dan sesduah melakukan aktifitas apapun, ungkapnya.

Dalam sambutan Camat Merbau Mataram Drs. Alamsyah mengatakan gerakan gerakan cuci tangan harus terus dilestarikan dan para guru diminta agar mencontohi dan memantau para murid  untuk mengaplikasikan gerakan cuci tangan ini setiap hari “ini yang kita tekankan setelah gerakan ini resmi dicanangkan Tim Puskesmas  dan Gerakan Pramuka Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan”.

Pencanangan ini tidak akan berarti apa-apa jika para guru sebagai seluruh masyarakat .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s